Tuesday, December 27, 2011

Syifa Amelia

Selamat pagi;
selamat siang;
selamat sore;
selamat malam kak Syifa!

Entah pada saat kapan kak Syifa baca postingan ini dan di manapun kakak berada, dengan senang hati aku mendoakan agar kak Syifa selalu diberikan keselamatan oleh Allah SWT. Melalui postingan inilah aku memberikan apresiasiku kepada kakak. Mungkin pada detik ini, kakak sedikit menyimpan sebuah pertanyaan, mengenai alasan kenapa aku memberikan bentuk apresiasi semacam ini. Bentuk apresiasiku memang berbeda dengan bentuk apresiasi yang diberikan oleh teman-temanku pada umumnya, bukan bermaksud ingin tampil beda atau alasan tidak jelas lainnya. Jujur, karena memang aku tidak pandai bernyanyi, menulis puisi, ataupun melakukan suatu hal yang bisa meluluhkan hati orang lain.

Baiklah, langsung saja ke apresiasinya. Apresiasi yang akan aku berikan ke kakak berjudul "Syifa Amelia". Sebuah dokumentasi mengenai perjalanan kak Syifa di dunia maya periode awal Agustus sampai dengan akhir Desember 2011. Ada baiknya aku memberikan biodata kakak terlebih dahulu. (boleh ya? bolehlah..)

Nama                : Syifa Amelia
Nama Panggilan : Syifa
TTL                   : 14 Juli 1993
Universitas         : Universitas Indonesia
Fakultas             : MIPA
Jurusan              : Farmasi
Angkatan           : 2010
Program Studi    : S1 Reguler




Periode awal agustus dimulai ketika kak Syifa pertama kali memulai menggunakan facebook melalui mobile phone.


Berikut adalah beberapa pemikiran, perasaan, kutipan, dan perkataan kak Syifa selama bulan Agustus:
  1. "Saat kesadaran dan pengertian menyapu jiwa, kehangatan yang baru muncul, menciptakan gelombang kedamaian. Dan satu yang memenuhi diri; memenuhi segala kekosongan. Yaitu suara detak jantung yang mengaliri jiwa dan raga dengan kekuatan yang baru."
  2. Sometimes silly thought came across my mind and I couldn't do anything but wonder and curious
  3. So flat, so empty, yet nothing
  4. "Advice is what we ask for when we already know the answer but wish we didn't." -Erica Jong
  5. I'm getting bored with this yaoi things.. Straight is always a better to find a fun.. But I need 4xD, not 4xR or 4x3..
  6. Selamat idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin :)
Di pertengahan agustus tersebut juga, kak Syifa pernah mencoba menggunakan blog mahasiswa UI


dan di bawah ini adalah blognya kak Syifa di Blog Mahasiswa UI


Dan berikut adalah sesuatu dari kak Syifa di bulan September:
  1. Talking about the past. Sometimes, it doesn't hurt..
  2. "Nothing changes more constantly than the past; for the past that influences our lives does not consist of what happened, but of what men believe happened." -Gerald W. Johnston
  3. That's life. Ga semua yang kita mau kita dapetin. Karena, ternyata ga semua yang kita mau adalah yang terbaik buat kita
Sepertinya kegiatan kak Syifa di bulan September tidak terlalu spesial. Mungkin kak Syifa lebih banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan akademisnya. Tapi ada kejadian yang menarik di pertengahan September, yaitu ketika kak Syifa menggotong orang yang pingsan akibat mag yang dideritanya kambuh, mungkin akibat tidak sarapan sehingga pada saat praktikum orang tersebut pingsan. Dan kak Syifa harus menggotongnya dari lantai 4 menuju basement.


Kemudian yang dipikirkan, dirasakan, dan dikutip oleh kak Syifa di bulan Oktober:
  1. Sebenarnya hidup itu diawali dengan kata tanya apa yang kita pake saat berhadapan dengan sesuatu. Kalo gue dengan 'kenapa', dia dengan 'bagaimana'. Dan setiap pertanyaan yang berbeda akan membawa pada hal yang berbeda. Karena itu kan, orang-orang berbeda. Dan sebenarnya solusinya sama. Tapi orang akan memilih yang lebih mereka suka. Gue jadi bingung, apa sebenarnya keegoisan dalam berperan itu adalah kesalahan, atau itu justru adalah diri mereka, bahwa memang sudah seharusnya mereka kayak gitu. Dan pada akhirnya, gue ga bisa bersolusi untuk orang lain, tapi untuk diri sendiri semua solusi itu ditujuin
  2. Setelah gue pikir, definisi kekuatan itu ada macem-macem. Ada kekuatan atas orang lain, ada kekuatan untuk diri sendiri. Gue adalah yang kedua.
  3. We all are rowing a boat of fate. The waves keep on coming we can't escape. But if you ever get lost on the way, the waves would got you to another day. -life is like a boat
  4. Have found something once.. No, it's not lost but hidden
Di bulan Oktober ini, kak Syifa sempat berfoto-foto dengan teman-temannya


ada sesuatu yang aku temukan di bulan Oktober ini, temannya kak Syifa, Dian Prabawanti, mengatakan sesuatu:

Kalau diperhatikan dan dibandingkan dengan account facebook milik kak Syifa, kak Syifa memang lebih menggunakan gambar-gambar anime sebagai profile picturenya. Mungkin hal ini menunjukkan betapa cintanya kak Syifa dengan anime. Berikut adalah beberapa profile picture facebook kak Syifa: 






Lalu, di bulan November:
  1. I can't say anything. It'll be a.. Something
  2. The thing I fear the most is I can't be there when my friend needs me, even just my voice or my presence.
  3. Being me strong and joyful. And ready (prepared or not).
  4. Good will and optimism :)
  5. Olimpiade taekwondo UI hari ini bener-bener bikin gue semangat lagi buat bertaekwondo ria :) dan langsung ga langsung bikin gue semangat lagi buat ngelakuin segala sesuatu ke depannya..
  6. Tuhan ga memberikan 'keistimewaan' untuk meninggal di usia muda. Bukan karena Dia tidak memberikan kemuliaan seperti yang didapatkan oleh jiwa-jiwa suci yang belum sempat melihat dunia itu, tapi karena Dia ingin kita mendapatkan kemuliaan yang lebih tinggi :)
Banyak hal yang terjadi pada kak Syifa di bulan November ini, sepertinya bulan November ini merupakan bulan yang spesial untuknya. Di pertengahan November Kak Syifa menjadi salah satu calon BPM dengan nomor urut 3 dan dengan jargonnya TIMNAS (AKTIF MAKSIMAL INTENSIF ASPIRATIF)


Di bulan ini juga kak Syifa sempat galau, dengan membuat sebuah note yang berjudul "." (titik).


pada bulan ini juga sepertinya kak Syifa menemukan kegiatan yang sesuai untuknya disamping harus bergelut dengan perkuliahan di farmasi.


Dan akhirnya sampai di bulan Desember:
  1. "Jangan menilai seseorang hanya dari apa yang dia katakan, karena ada hal yang tidak dapat diungkapkan. Belajar mengerti apa yang tak dia ucapkan." -pepatah
  2. Playing I Miss You by Monkey Majik, a song I've got from Herga, I played for Aida. I always remember every simple things people gave me. Say I'm sentimentil, but it's just too beautiful to forget..
  3. Als ik eens Nederlander was (Kalau saya seorang Belanda), artikel fenomenal Ki Hajar Dewantara yang membahas betapa ironisnya saat Belanda merayakan kemerdekaan mereka di negara 'terjajah' Indonesia kala itu. Ini ga berhubungan, tapi sama ironisnya antara apa yang gue lakuin dengan apa yang gue rasain sebenarnya.
  4. Funny thing adalah baru tadi pagi gue menulis tentang 'duduk sambil memandang hujan', sekarang gue duduk di samping jendela dan memandang hujan di luar sana, bedanya, sekarang gue ada di bus alih-alih kafe :) *God hears me
  5. People said that cellphone was a very great invention: you can talk/chat with someone very important even in very long distant place that very moment you need them. But in the reality phone only makes you hopelessly uselessly wait for them to reply/answer you text/call, even in that very moment you need them. *snicker*
Kak Syifa sedang gemar-gemarnya membaca buku di bulan Desember ini,


Kak Syifa juga menunjukkan ketertarikannya dengan berbagai macam lagu,


Nah berikut adalah tulisan kak Syifa, yang dari situlah kak Syifa sepertinya menemukan bakat menulisnya,


Dengan sampainya di akhir bulan Desember, berakhir pulalah apresiasi yang bisa aku berikan ke kak Syifa. Terima kasih kak Syifa sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca postingan yang sederhana ini. Mohon maaf kak kalau ada yang salah, mohon beri tahu kalau ada yang harus diperbaiki :D

Semoga dengan bentuk apresiasi yang semacam ini, Nurul Fajry Maulida, bisa menjadi perhitungan, hehe ^^
Posted on by Nurul Fajry Maulida | 2 comments

Sunday, December 18, 2011

Cara Mencari Data Suatu Zat yang Ada di Resep

Awalnya pas pertama kali mendapatkan mata kuliah praktek farmasetika, saya sangat bingung bagaimana caranya mendapatkan data-data mengenai DO, UD, TM, khasiat, referensi, dan sebagainya. Dosen hanya memberi tahu bahwa cara mendapatkannya bisa dari FI 3, FI 4, atau ISO (Informasi Spesialite Obat). Tapi tetap saja saya bingung bagian mananya yang menerangkan akan hal itu.

jadi di dalam pembuatan jurnal bersih akan ada bagian yang seperti ini:





















maaf ya ga terlalu jelas, setidaknya ada gambaran, kalau dalam pembuatan jurnal bersih itu harus mengisi tabel datanya dulu.

Untuk data DO, sebelumnya saya juga kurang tau DO itu singkatan dari apa, teman saya bilang singkatan dari deskripsi obat, tapi dia juga ga yakin. Pokoknya kolom DO itu diisi dengan golongan obat, misal B (Bebas), BT (Bebas Terbatas), K (Keras), atau Narkotika. Nah waktu pertama kali disuruh buat ini, saya bingungnya minta ampun, ga ada yang ngasih tau bisa tau itu zat termasuk golongan mana, akhirnya ada yang ngasih tau, eh kalo mau cari itu tuh, liatnya di ISO "Kemana aja lo baru tau!" huh orang ga ada yang ngasih tau, ngasih taunya diem-diem sih, jadi ga nyebar. Oh jadi kita bisa tahu golongan obatnya itu dari ISO, misal ampisilin. Cari di indeks bagian belakang, ada nama zatnya ga? di iso ada 2 indeks, indeks nama generik dan indeks nama dagang obat. Cari di dua-duanya, kalau sudah ketemu, lihat ada di halaman berapa, kalau sudah, langsung ke halaman tersebut dan lihat huruf yang bercetak tebal di sebelah kiri nama tersebut K/B/BT/Narkotika, nah itulah yang dimasukkin ke kolom DO.

Untuk data UD (Usual Doses), bisa di lihat di FI 3 (Farmakope Edisi 3), halaman 959. Kan ada kolom Dosis lazim, nah itu yang ditulis di UD. kan ada dua kolom tuh yang sekali dan sehari, ditulis dua-duanya, misal: acetaminophenum dosis lazim sekali 500 mg, sehari 500 mg-2g, jadi ditulisnya : 500mg/500mg-2g. Nah kalo nama zatnya tidak ada di FI 3 tersebut bisa dilihat di ISO, misal di ISO volume 45 hlm. 29 ada Mefinal, di penjelasan obatnya ada huruf Ds: Anak di atas 6 bln: 3-6, 5mg/kgBB/hari setiap 6 jam. Dewasa dan anak di atas 14 th: mula-mula 500 mg; kemudian 250 mg setiap 6 jam. Nah terus yang ditulis di kolom UD yang mananya? yang ditulis itu biasanya yang dosis dewasa, tapi menurut saya sih, kalau pasiennya anak-anak ya yang ditulis dosis anak-anaknya. Untuk hal ini anggap saja pasiennya dewasa, jadi untuk UD sekalinya itu yang mula-mula (500 mg), nah untuk seharinya itu yang 250 mg setiap 6 jam, itu kan sama saja dengan dosis yang diminum 3 kali sehari (karena setiap 6 jam kan, jadi seperti dosis seharinya) jadi yang ditulis untuk sehari itu 3x250 mg= 750 mg). Jadi yang ditulis itu: 500mg/750mg. Kalau menurut saya sih begitu, kalau ada yang salah ya mohon diperbaiki.

Untuk data TM (Takaran Maksimum), menurut saya hanya bisa dilihat di FI3, hal 959, di kolom dosis maksimum, cara penulisannya sama seperti UD, namun menurut saya yang kita cantumkan itu yang dosis dewasa saja, soalnya kan ada juga tuh tabel dosis untuk anak dan bayi di halaman 920. Nah kalau nama zatnya tidak ada di daftar tersebut, berarti tidak ada TM nya, begitu juga untuk UD, menurut saya kalau tidak ada nama zatnya di daftar tersebut berarti UD nya juga tidak ada. Misalnya saja lactosum, tidak ada di daftar tersebut maka  UD dan TM nya tidak ada. Sebagai tambahan, menurut saya kalau ada nama zat di daftar tersebut sudah pasti DO nya K, jadi seperti kalau zat tersebut bergolongan keras, seharusnya ada TM nya.

Untuk data Khasiat, bisa dilihat di FI 3, cari dahulu nama zatnya di indeks di halaman paling belakang, kalau sudah buka halamannya di penjelasan nama zatnya ada di bagian paling bawah khasiatnya, itu yang ditulis, kalau tidak ada nama zatnya di FI 3, bisa dilihat di ISO, dipenjelasan nama obatnya ada keterangan khasiatnya, atau kalau tidak yakin, saya biasanya mengacu pada khasiat yang ada di bagian paling atas kanan halaman, misal asam mefenamat: analgesik non narkotik.

Untuk kolom referensi, ya tinggal tulis, diambil dari mana, mis: FI 3 hlm. 959 atau ISO hlm. 29.

Biasanya kalau sudah praktek membuat krim, salep, gel, pasta, dan sediaan sejenisnya, disuruh menambahkan kolom kelarutan, bisa dilihat di FI 3 ataupun di FI 4.

Semoga bermanfaat :D

Sunday, December 4, 2011

Asam Amino, Peptida, dan Protein

Perbedaan antara asam amino, peptida, dan protein adalah sebagai berikut:
  1. Asam Amino: tidak memiliki ikatan peptida
  2. Peptida: memiliki ikatan peptida
  3. Protein: merupakan polimer dari asam amino dengan jumlah lebih dari 50
yang dimaksud dengan ikatan peptida adalah:


 contoh asam amino yang paling sederhana:
Glisin
 Dua asam amino berkondensasi membentuk dipeptida, dipeptida memiliki 1 ikatan peptida, ikatan peptida disebut juga sebagai ikatan amida. Begitu pula apabila 3 asam amino berkondensasi membentuk tripeptida, yang memiliki 2 ikatan peptida.
dipeptida
Kombinasi dari 10 atau lebih asam amino disebut polipeptida.
Salah satu contoh protein:
hemoglobin
Protein terbentuk dari sekitar 20 jenis asam amino. Jenis asam amino dibedakan menjadi dua, yaitu asam amino essensial dan asam amino nonessensial. Asam amino essensial adalah jenis asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh, jadi untuk mendapatkannya kita harus memakan makanan dari hewan atau tumbuhan yang mengandung asam amino essensial tersebut. Sedangkan asam amino nonessensial adalah jenis asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh. Jadi, tanpa memakan makanan yang mengandung asam amino nonessensial tersebut, tubuh dapat mensistesisnya sendiri.

Asam amino essensial terdiri dari 10 asam amino, sebagai berikut:
1. Fenilalanin (Phe), F

2. Triptofan (Trp), W

3. Isoleusin (Ile), I
4. Leusin (Leu), L
5. Lisin (Lys), K
6. Metionin (Met), M
7. Treonin (Thr), T
8. Valin (Val), V
9. Arginin (Arg), R

10. Histidin (His), H
Sedangkan asam amino nonessensial terdiri dari 10 asam amino, sebagai berikut:

1. Asam Glutamat (Glu)
2. Glutamin (Gln)
3. Glisin (Gly)
4. Asam Aspartat (Asp)
5. Asparagin (Asn)
6. Alanin (Ala)
7. Prolin (Pro)
8. Serin (Ser)
9. Tirosin (Tyr)
10. Sistein (Cys)
Setelah mengetahui struktur keduapuluh asam amino tersebut, maka di antaranya ada yang bersifat asam, basa, dan netral. Yang bersifat asam adalah asam glutamat dan asam aspartat, yang bersifat basa adalah lisin, arginin, dan histidin, sedangkan sisanya bersifat netral.

Suatu asam amino mengalami reaksi asam-basa internal sehingga membentuk suatu ion dipolar, atau disebut juga sebagai zwitterion.
zwitterion
Sebagai tambahan, pKa dalam asam amino bukanlah dilihat dari adanya gugus -COOH, melainkan karena adanya gugus NH3+. Dan pKb dalam asam amino bukan pula dilihat dari adanya gugus -NH2, melainkan dari adanya gugus -COO-.

Oleh karena itu, asam amino yang di dalam larutannya membentuk zwitterion, apabila berada dalam laruatn asam, maka asam amino akan bersifat asam.
asam amino dalam larutan asam
Sedangkan apabila asam amino berada dalam larutan basa, maka asam amino akan bersifat basa.
asam amino dalam larutan basa
Cara memisahkan suatu jenis asam amino dari campuran beberapa asam amino dapat menggunakan prinsip elektroforesis. Suatu asam amino yang memiliki muatan positif akan tertarik menuju katoda, dan muatan negatif akan tertarik ke anoda, sedangkan muatan netral akan diam di tempat.

Misalkan suatu campuran terdiri dari asam aspartat, lisin, dan glisin, maka cara memisahkan glisin dari campuran adalah dengan cara elektroforesis, sudah kita ketahui bahwa lisin merupakan asam amino yang bersifat basa, dan dalam larutannya lisin akan terionkan dan akan lebih bermuatan positif sehingga tertarik menuju katoda, dan kita juga sudah mengetahui bahwa asam aspartat bersifat asam, dan dalam larutannya lebih bermuatan negatif sehingga akan bergerak menuju anoda. Dan glisin sebagai asam amino netral, akan terionkan dalam bentuk zwitterion, sehingga tetap diam di tempat, sehingga dalam larutan hanya terdapat glisin saja, begitulah caranya memisahkan glisin dari campuran tersebut.


Mensintesis Asam Amino
Untuk mensintesis asam amino dari asam karboksilat adalah dengan melakukan reaksi halogenasi terlebih dahulu dengan bantuan P dan H2O. Kemudian setelah itu mereaksikannya dengan NH3, reaksi tersebut disebut sebagai aminasi suatu asam (alfa)-halo. (Perlu digunakan NH3 berlebih untuk menetralkan asam dan mencegah terjadinya alkilasi berlebih. Berikut reaksinya:

asam propanoat disintesis membentuk alanin (suatu asam amino)
Untuk mensintesis suatu asam amino dapat pula dilakukan dengan sintesa-sintesa berikut:
1. Sintesa Strecker, Sintesa ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu mereaksikan suatu aldehida dengan NH3, kemudian mengeluarkan H2O, setelah itu mereaksikannya dengan HCN, sehingga terbentuklah suatu aminonitril. Pada tahap kedua inilah terbentuk asam amino, dari hidrolisis aminonitril yang sebelumnya.
Tahap 1
Tahap 2
2. Biosintesa reduksi aminasi asam (alfa)-keto. Dengan melakukan reaksi aminasi terhadap suatu asam (alfa)-keto, kemudian mereduksinya dengan NaBH4.


Tentunya untuk mensintesis suatu asam amino tidak hanya melalui kedua reaksi tersebut di atas, dapat pula melalui reaksi-reaksi lainnya, seperti sintesa amidomalonat dan lain sebagainya. Namun saya kurang memahami reaksi-reaksi lainnya tersebut. Saya mohon maaf atas kekurangannya :(

Karena di perkuliahan saya, kimia organik hanya dipelajari dalam 3 sks, menurut saya kebanyakan dari teman-teman saya termasuk saya sendiri, lebih mengandalkan catatan-catatan penting dan soal-soal sebelumnya yang pernah diberikan oleh dosen untuk angkatan-angkatan sebelumnya. Bisa dibilang kami "apal mati" tanpa mengetahui alasan mengapa bisa begini atau bisa begitu. Tentunya kami memiliki keinginan untuk mengetahui lebih mengenai hal tersebut, namun karena keterbatasan waktu dan dikejar kurikulum, kami tidak bisa berbuat lebih, selain "apal mati".

Berikut adalah beberapa kumpulan soal mengenai asam amino, peptida, dan protein beserta dengan jawabannya:
1. Tentukan arah migrasi dan kecepatan migrasi untuk elektroforesis yang dilakukan pada pH 5,5; 5,7; 7,6 antara campuran glisin (6,0); Fenilalanin (5,5), serin (5,7).
Jawaban:




Arah migrasi:
gly: katoda
ser: katoda
phe: tetap

Kecepatan mingrasi:
gly>ser>phe







Arah migrasi:
gly: katoda
ser: tetap
phe: anoda

Kecepatan migrasi:
gly>phe>serin








Arah migrasi:
gly: anoda
ser: anoda
phe: anoda

Kecepatan migrasi:
phe>ser>gly




2. Urutkan heksapeptida Arg, Gly, Leu, Pro, jika prolin pada C terminal dan N terminal. Hidrolisis parsial diperoleh sebagai berikut: H-Gly-Pro-Arg-OH; H-Pro-Leu-Gly-OH; H-Arg-Pro-OH.
Jawaban:








 3. Klasifikasikan protein berdasarkan komposisi, bentuk 3 dimensi, dan strukturnya.
Jawaban
a. Berdasarkan komposisinya, protein dibedakan menjadi:
    Protein sederhana:
    Protein yang hanya terdiri dari asam amino, contoh: serum albumin
    Protein terkonjugasi:
    Protein yang mengandung gugus atau senyawa lain selain asam amino, contoh:
    - Glukoprotein, mengandung karbohidrat, contoh: (gamma)-Globulin, Interferon,
      dan Karboksipeptidase
    - Lipoprotein, mengandung lipid, contoh: plasma dan (beta)-Lipoprotein
    - Nukleoprotein, mengandung asam nukleat, contoh: ribosomal protein dan
      Tobacco Mozaic Virus
    - Phospoprotein, mengandung ester fosfat, contoh: casein
    - Metaloprotein, mengandung logam, contoh: Feritin, Vit B 12, dan Vit B 6

b. Berdasarkan bentuk 3 dimensinya, protein dibedakan menjadi:
    Fibrous Protein (insoluble), contoh:
    - Collagen: jaringan ikat, tendon
    - Keratin: rambut, tanduk, kuku, dan kulit
    - Elastin: pada jaringan ikat elastin
    Granular protein (soluble), contoh:
    - Insulin
    - Albumin
    - Myoglobulin
    - Ribonuklease
    - Lisozim

c. Berdasarkan strukturnya:
    - primer
    - sekunder
    - tersier
    - kuartener

4. Tuliskan tahapan reaksi yang digunakan, menggunakan kode 3 huruf dan hasil akhir menggunakan kode 1 huruf, dari Leusilalanina dan Alanilleusina.
Jawaban:
a. Leusilalanina
   - Lindungi gugus amino leusina sebagai derivat BOC
       





   - Lindungi gugus karboksil alanina sebagai estermetil
     



   - Gabung kedua asam amino yang telah dilindungi menggunakan DCC




   - Hilangkan gugus proteksi BOC dengan penambahan asam




   - Hilangkan estermetil dengan hidrolisis basa





H-L-A-OH ---> Leusilalanina

b. Alainilleusina
   - Lindungi gugus amino alanina sebagai  derivat BOC





   - Lindungi gugus karboksil leusina sebagai estermetil




   - Gabung kedua asam amino yang telah dilindungi menggunakan DCC




   - Hilangkan gugus proteksi BOC dengan penambahan asam




   - Hilangkan estermetil dengan hidrolisis basa

H-A-L-OH ---> Alanilleusina

Demikianlah beberapa hal mengenai asam amino, peptida, dan protein yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, as we know that NOBODY'S PERFECT, kalau ada yang salah mungkin ada dari para pembaca yang bisa memperbaiki. Terima kasih sudah berkunjung :D

sumber:
FESSENDEN & FESSENDEN Kimia Organik EDISI KETIGA Jilid 2
dari buku ajar dosen kimia organik farmasi UI bu Nelly, tapi ada daftar pustakanya, yaitu dari:
      Morrison & Boyd, Organic Chemistry, 4th edition
     John Mc Murry, Organic Chemistry, 3rd edition
     John Mc Murry, Organic Chemistry, 5th edition
beberapa soal juga didapat dari catatan kakak kelas, kak Utari, tapi kakak tersebut juga tentunya mendapatkan materinya dari buku ajar bu Nelly