Sunday, May 18, 2014

Catatan Metode Penelitian #3

Kalau saya tidak salah ingat, pertemuan pertama kelas metode penelitian setelah UTS dengan Pak Arry, materinya adalah tentang penelusuran literatur elektronik. Keberhasilan penelusuran elektronik tergantung dari kata kunci yang digunakan atau keyword-nya. Perumusan keyword harus jelas, sederhana, tetapi juga spesifik. Hal ini berguna nantinya untuk membatasi pencarian.

Selain google sebagai search engine yang familiar digunakan dalam mencari keyword tertentu, dapat juga digunakan search engine lainnya seperti Clusty dan MeSH (Medical Subject Heading). Perbedaannya dengan google, Clusty dapat menampilkan hasil pencarianya dalam bentuk cluster. Misalnya ingin mencari tentang fat, maka dengan Clusty, akan ditampilkan cluster-cluster yang berhubungan dengan fat.Setiap search engine memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut merupakan perbedaan tampilan dari ketiga search engine tersebut.




Terlepas dari literatur yang bisa didapatkan secara elektronik melalui internet, sumber literatur tentunya dapat berasal dari buku text, buku referensi, monografi, jurnal ilmiah, proceeding seminar/sympsium, dan patent. Freepatentsonline.com berguna dalam pencarian obat-obatan paten tertentu.

Pada suatu jurnal ilmiah, ada yang disebut dengan DOI (Digital Object Identifier). DOI berguna dalam pencarian jurnal ilmiah tertentu, misalnya didapatkan suatu jurnal ilmiah yang hanya ada judul dan DOI-nya saja, untuk mendapatkan full textnya, kita dapat mencarinya di DOI tersebut. Contohnya, diketahui DOI number suatu jurnal ilmiah: 10.1056/NEJMoa0802268. Kemudian dicari di DOI, maka didapatkan sumbernya.




Database di bawah ini juga dapat berguna dalam pencarian literatur yang dibutuhkan oleh mahasiswa farmasi atau yang berkaitan dengannya.
  1. Protein Data Bank
  2. Gene Bank
  3. Enzyme Database
  4. Cytochrome P450 Database
  5. Drug Bank
  6. PubChem
  7. Zinc Database
  8. Cambridge Crystalographic Structural Database

Ebook bisa diperoleh oleh mahasiswa dari penyedia ebook yang dilanggan oleh universitas atau bisa juga mengakses website National Library of Medicine, di sini yang pada kolom All Database, pilih "books".

Terkait dengan jurnal, apabila tidak bisa mengakses full text jurnalnya, bisa dicoba menghubungi penulisnya lewat email. 

Ketika sudah banyak literatur yang didapatkan, kita bisa mengatur atau me-manage literatur-literatur tersebut menggunakan Mendeley Desktop, sebuah aplikasi literature management yang dapat diakses online maupun offline. Selain dapat mengatur file jurnal dapat pula digunakan untuk mengatur film, foto, ebook, dan sebagainya. Dengan adanya aplikasi ini, membuat kutipan juga menjadi lebih mudah. Mendeley Desktop dapat diunduh di sini. Pada website-nya sendiri juga sudah tersedia panduan penggunaannya.  

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung :D

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)