Friday, July 20, 2012

Dampak Ledakan Reaktor Nuklir terhadap Lingkungan (Peta Konsep)

Data Publikasi:
Kompasiana, 2011, Gempa 11 Maret Jepang dan Epidemi Penyakit, 26 Maret, 1 hlm.

6 November 2011, pk. 14.50.

  • Pembangunan PLTN: demi kemajuan peradaban? sebuah bunga rampai
  • Iwan Kurniawan, L.Wilardjo, Stanley, Mohammad Anung, Maria Pakpahan
  • Indonesia: Yayasan Obor
  • 440 hlm.
Peta Konsep:


(Untuk melihat peta konsepnya lebih jelas lagi atau agar dapat terbaca, klik saja gambarnya, lalu bisa dizoom)

Uraian Singkat Peta Konsep:

Kebocoran nuklir adalah dampak yang paling ditakutkan di balik manfaaat energi nuklir bagi manusia. Dalam catatan sejarah manusia terdapat kejadian kecelakan nuklir terbesar di dunia di antaranya adalah kecelakaan Chernobyl, Three Mile Island Amerika, dan mungkin di juga yang terjadi akhir-akhir ini yaitu di Fukushima Jepang. Dampak dari kebocoran nuklir tersebut berdasarkan lamanya akibat yang akan ditimbulkan olehnya dibedakan menjadi 3, yaitu dampak sesaat atau jangka pendek, dampak jangka menengah, dan dampak jangka panjang.

Dampak jangka pendek akibat radiasi tinggi di sekitar reaktor nuklir terdiri dari mual, muntah, diare, sakit kepala, dan demam. Hal tersebut dapat terjadi karena radiasinya yang berkekuatan 200 Rems dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran usus.

Sedangkan pada dampak jangka menengah atau beberapa hari setelah paparan dari radiasi nuklir antara lain menyebabkan pusing, mata berkunang-kunang, disorientasi atau bingung menentukan arah, lemah, letih, dan tampak lesu, muntah darah, kerontokan dan kebotakan rambut, tekanan darah rendah, gangguan pembuluh darah, serta luka sulit untuk sembuh. Terkena radiasi lebih dari 200 Rems inilah yang menyebabkan rambut dapat menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan kebotakan pada rambut.

Dampak jangka panjang dari radiasi nuklir umumnya justru dipicu oleh tingkat radiasi yang rendah sehingga tidak disadari dan tidak diantipasi hingga bertahun-tahun dapat menyebabkan kanker (terutama kanker kelenjar gondok), mutasi genetik, penuaan dini dan gangguan sistem saraf dan reproduksi.
Dampak lainnya yang dapat ditimbulkan dari kebocoran reaktor nuklir antara lain hujan asam dan berkurangnya jumlah spesies. Hal ini dapat terjadi karena adanya pencemaran yang ditimbulkan dari radiasi nuklir tersebut.

0 comments:

Post a Comment

If you want to be notified that I've answered your comment, please leave your email address. Your comment will be moderated, it will appear after being approved. Thanks.
(Jika Anda ingin diberitahu bahwa saya telah menjawab komentar Anda, tolong berikan alamat email Anda. Komentar anda akan dimoderasi, akan muncul setelah disetujui. Terima kasih.)