Friday, July 20, 2012 | By: Nurul Fajry Maulida

Persebaran Biogeografi Global (Peta Konsep)

Peta konsep yang ada di bawah ini sebenarnya merupakan tugas perkuliahan saya pada semester pertama, lebih tepatnya saya ditugaskan untuk membuat LTM yang sebenarnya tidak hanya berisi peta konsep saja, melainkan perlu juga mencantumkan data publikasi dan uraian singkat dari peta konsep yang dibuat.  Saya tidak pernah tahu berapa nilai yang saya dapatkan dari hasil mengerjakan tugas ini, sampai sekarang nilai-nilai tersebut masih menjadi misteri yang tau hanya dosen MPKT B dan Allah SWT. hahaha.

Baiklah, ada hal yang perlu diperhatikan. Kesalahan saya pada pembuat LTM ini ada pada data publikasinya. Saya menyadari, saya telah membuat kesalahan karena memilih buku geografi SMA sebagai buku panduan sebagai sumber informasi. Saya disindir secara tidak langsung oleh dosen saya tersebut, hahaha,katanya lain kali jangan menggunakan buku SMA sebagai sumber informasi, masih ada buku lain yang lebih dapat dipertanggung jawabkan. Dalam hati, saya pikir, "Loh, kenapa tidak boleh? Sebagai mahasiswa baru yang dulunya pernah menjadi siswa SMA, saya tidak meragukan kebenaran yang ada di buku-buku SMA dulu."

Tetapi kemudian saya menyadari, benar juga apa yang dikatakan oleh dosen, maksudnya itu bukan berarti buku-buku SMA itu benar, melainkan buku-buku SMA itu sendiri sebenarnya juga mengambil informasinya dari buku lainnya, seharusnya saya mencari lebih jauh dari buku-buku yang dijadikan sebagai daftar pustaka pada buku-buku SMA tersebut. 

Oke langsung saja pada isinya. Maaf ya, curhat dulu saya...
Tak apalah, blog sendiri ini. ^^V

Data Publikasi:
Geografi 2 Lingkungan Fisik dan Sosial SMA/MA, 2009, Persebaran Flora dan Fauna di Permukaan            Bumi, 1 Agustus, hlm. 5-15.
  • Geografi 2 Lingkungan Fisik dan Sosial SMA/MA
  • Sumardi, Siti Azizah Susilawati, dan Muhammad Amin Sumarhadi
  • Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • 162 hlm.
Peta Konsep:
 

(Untuk melihat peta konsepnya lebih jelas lagi atau agar dapat terbaca, klik saja gambarnya, lalu bisa dizoom)

Uraian Singkat Peta Konsep:
Beberapa daerah persebaran biogeografi global terdiri dari Australia, Oriental, dan Ethiopia. Ketiga daerah tersebut memiliki cakupan daerah persebaran, hewan, dan tumbuhan khasnya masing-masing.

Daerah persebaran biogeografi Australia meliputi wilayah Australia, Irian, Selandia Baru, dan kepulauan di Samudera Pasifik. Hewan Khas daerah tersebut terdiri dari hewan-hewan jenis monotremata dan mamalia berkantung. Contoh tumbuhan khasnya adalah pohon Eucalyptus.

Daerah persebaran biogeografi Oriental meliputi wilayah Asia bagian selatan pegunungan Himalaya, Sri Lanka, India, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan semenanjung Melayu. Contoh hewan khas daerah tersebut adalah siamang, gajah, orang utan, badak, dan burung merak. Sedangkan contoh tumbuhan khasnya adalah palem dan rotan.
                        
Daerah persebaran biogeografi Ethiopia meliputi wilayah Afrika, Madagaskar, dan pulau-pulau di sekitar Afrika. Contoh hewan khasnya adalah singa, burung onta, zebra, gorila, dan kudanil. Sedangkan tumbuhan khasnya adalah pohon kurma dan papirus.

0 comments:

Post a Comment